Selamat Datang Di Blog Pribadi Iskandar Daulima, S.H

My New Life

My New Life

Senin, 18 April 2016

Maksud dari Teori Trifilter dari Socrates



Minggu kemarin istri saya meminta saya untuk mengerjakan tugas kuliahnya. Kebetulan isteri saya mengambil jurusan S2 (Kenotariatan) di Universitas Surabaya.
bagi teman-teman yang kira-kira sedang mencari tugas tentang kuliah notaris mungkin bisa memantau terus blog ini, karena secara berkala tiap tugas yang saya kerjakan akan saya upload di blog ini.

Teori trifilter atau yang dikenal dengan teori rangkap 3 adalah serangkaian teori yang ditemukan Socrates , filsuf besar yang hidup di zaman Yunani kuno antara tahun 469-399 SM,Maksud dari teori ini adalah sebagai filter yang akan mempermudah kita untuk menjaring informasi yang diberikan oleh seseorang kepada kita, teori ini terdiri dari tiga filter, yaitu pertama tentang kebenaran, kebaikan, dan kegunaan.

Maksud dari teori ini adalah pentingnya mendengarkan informasi apa yang orang katakan kepada kita, apakah beguna atau tidak, penting atau tidak, dan apakah benar seperti yang dikatakan si-pembawa informasi atau tidak.

Disetiap literatur yang ditemukan tentang penjelasan teori trifilter  ini adalah sama, yang mana dikisahkan atau di analogikan Socrates bertemu dengan seseorang yang memberikan informasi tentang teman Socrates, namun sebelum si pembawa berita itu melanjutkan informasinya Socrates langsung menyela pembicaraan itu dengan menerapkan Trifilter teori tersebut. Dalam informasi yang disampaikan :  “Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?” “Tunggu sebentar,” Socrates menjawab. “Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan suatu test sederhana yang disebut Triple Filter Test (Tiga Lapis Tes Saringan):

Filter petama adalah KEBENARAN.

Socrates : “Apakah Anda yakin bahwa apa yang akan Anda katakan pada saya itu benar?”

Pemberi Info : “Tidak,” jawab orang itu, “Sebenarnya saya HANYA MENDENGAR tentang itu.”

Socrates : “Baik, Jadi Anda tidak yakin itu benar. Baiklah sekarang saya berikan filter yang kedua.



Filter ke 2, KEBAIKAN.

Socrates : Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik?”

Pemberi Info : “Tidak, malah sebaliknya…”

Socrates :“Jadi, Anda akan menceritakan sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih
memiliki satu kesempatan lagi, masih ada satu filter lagi, yaitu filter ke 3


Filter ke 3, KEGUNAAN.
Socrates : Apakah yang akan Anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?”

Pemberi Info :“Tidak, sama sekali tidak.”

Socrates : “Jadi,” bila Anda ingin menceritakan sesuatu yang belum tentu benar, bukan tentang kebaikan,dan bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus menceritakan itu kepada saya?”

Itulah mengapa Socrates dianggap filsuf besar dan sangat terhormat, alangkah bijak bila kita juga  menggunakan triple filter test setiap kali kita mendengar/Menyampaikan sesuatu tentang kawan kita.

Jika bukan KEBENARAN, bukan KEBAIKAN, dan tidak ada KEGUNAAN positif, tidak perlu kita terima atau kita sampaikan . Dan apabila kita terlanjur mendengarnya, jangan sampaikan pada orang lain, dan jangan menyakiti hati orang lain


Tidak ada komentar: